Pengertian Enuresis ( gangguan eliminasi )

Secara luas diketahui bahwa bayi tidak dapat mengendalikan kandung kemih atau saluran pembuangan. Seiring bertambahnya usia maka tidak dapat dihindari untuk mulai melakukan latihan buang air di toilet. Beberapa anak belajar menggunakan toilet pada usia 18 bulan, yang lainpada usia 30 bulan, dan sebagainya. Pada usia berapanormalnya seorang anak sudah harus mampu mengeridalikan kandung kemihnya? Jawabannya, ditentukan oleh norma-norma budaya dan statistik, agak tidak pasti.

DSM-lV-TR dan berbagai sis tern klasifikasi lainnya membedakan anak-anak yang mengompol ketika tidur—disebut enuresis nokturnal, anak-anak yang mengompol ketika bangun—disebut enuresis diurnal, dan anak-anak yang mengompol di siang dan malam hari. Pengendalian di slang han dikuasai Iebih dahulu karena pengendalian kandung kemih jauh lebih mudah saat seorang dalam keadaan tenjaga. Bila seorang anak tentinggal dan anak-anak seusianya dalam pengendalian kandung kemih, biasanya hal itu terkait pengendalian pada jam-jam tidur di malam han. DSM-IV-TR memperkirakan bahwa pada usia 5 tahun, 7 persen anak lakilaki dan 3 persen anak perempuan masih mengompol; pada usia 10 tahun, 3 persen anak laki-laki dan 2 persen anak perempuan; dan pada usia 18 tahun, 1 persen remaja laki-laki dan kurang dan 1 persen remaja perernpuan. Di Amerika Serikat diagnosis enuresis nokturnal tidak ditegakkan, menurut DSM-IV-TR, hingga si anak berusia 5 tahun.

Daftar Pustaka : Davinson, Gerald . Psikologi Abnormal/Gerald C. Davinson, Jhon M. Neale, Ann M. Kring; Penerjemah, Noermalasari Fajar.- Jakarta: Pt RajaGrafindo Persada, 2006. XXVII, 1048 hal. ;26 cm. Biblografi : hal 949 Judul asli : Abnormal Psychology

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: