PENDAPAT ALLPORT DALAM MEMBAHAS MANUSIA

Allport lebih optimis tentang kodrat manusia dari pada Freud, dan ia memperlihatkan suatu keharuman yang luar biasa terhadap manusia, sifat-sifatnya tampaknya bersumber pada masa kanak-kanaknya. Orang tuanya menekankan pentingnya kerja keras dan kesalehan, dan mereka membentuknya dengan suasana aman dan kasih sayang. Semangat prikemanusiaan ditanamkan dalam keluarga mereka dan allport yang mudah itu didorong untuk mencari jawaban-jawaban keagamaan terhadap pertanyaan-pertanyaan dan masalah-masalah kehidupan. Pengalaman-pengalaman pribadinya ini kelak tercermin dalam pandangan-pandangan teoritisnya tentang kodrat kepribadian.
Seperti kemukakan, pandangan-pandangan pribadi dan profesional dari allport beda dengan pandangan-pandangan Freud dan pandangan kodrat manusia yang diutarakan allport adalah positif, penuh harapan, dan menyanjung-nyanjung. Karena itu salah satu pendekatan yang berguna terhadap pemahaman segi pandangan psikologi allport adalah mengemukakan tema-tema pokok dari teorinya tentang kepribadian dan menunjukan bagaimana tema-tema itu berada dari apa yang terdapat pada Freud.
Allport tidak percaya bahwa orang-orang yang matang dan sehat dikontrol dan dikuati oleh kekuatan-kekuatan tak sadar. Kekuatan-kekuatan yang tidak dapat dilihat dan dipengaruhi orang-orang yang sehat tidak didorong oleh konflik-konflik tak dasar dan tingkah laku mereka tidak ditentukan oleh setan-setan yang ada jauh dalam mereka. Allport percaya bahwa ketakutan-ketakutan tak sadar itu merupakan pengaruh-pengaruh yang penting pada tingkah laku orang-orang dewasa yang neurotif, akan tetapi individu-individu yang sehat yang berfungsi pada tingkat rasional dan sadar, menyadari sepenuhnya kekuatan-kekuatan yang membimbing mereka dan dapat mengontrol kekuasaan-kekuasaan itu juga.
Kepribadian-kepribadian yang matang tidak dikontrol oleh trauma-trauma dan konflik masa kanak-kanak. Orang-orang yang neuritis terikat atau terjalin erat pada pengalaman-pengalaman masa kanak-kanak, tetapi orang-orang yang sehat bebas dari paksaan-paksaan masa lampau. Orang-orang sehat dibimbing dan diarahkan oleh masa sekarang dan oleh intensi-intensi ke arah masa depan dan antisipasi-antisipasi masa depan. Pandangan orang yang sehat adalah kedepan, kepada peristiwa-peristiwa konteporer dan peristiwa-peristiwa yang akan datang dan tidak mundur kembali kepada peristiwa masa kanak-kanak. Segi pandang yang sehat ini memberi jauh lebih banyak kebebasan dalam memilih dan bertindak.
Karena Allport mengetahui perbedaan-perbedaan antara manusia yang neuritis dan manusia yang sehat ini, maka dia lebih suka mempelajari hanya orang-orang dewasa yang matang (berlawanan dengan Freud dan orang-orang lain yang mempelajari hanya orang-orang yang neuritis) dan hanya sedikit saja berbicara mengenai orang-orang neuritis. Karna itu kita dapat berkata bahwa sistem dari allport yang berorientasi pada kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: