Hasil observasiiii

IDENTITAS SUBJEK

Nama : felix
Umur : 7thn
jenis klamin : laki-laki
alamat : jl. Ratna jati bening bekasi
pendidikan : kelas 2 sd
anak ke : 2 dari 2 bersaudara
hari : kamis
tanggal : 8 oktober 2009
time observasi : 19.21 – 20.35

saya berniat untuk mengamati “TINGKAH LAKU ANAK SELAMA PROSES BELAJAR DI RUMAH” . akir nya saya menemukan sempel yang cocok, hari itu saya dating kerumah nya sekitar jm 5 sore saya sudah sampai. Saya menuggu waktu belajar nya felix sekitar jam 7 malam. Tanpa sepengetahuan felix untuk apa saya datang kerumah nya. Paling ia hanya berfikir mungkin hanya maen saja. Akir nya tiba lah waktu nya mereka belajar dan naik ke atas. Felix mempunyai saudara perempuan yaitu kaka nya yang bernama geby ia juga sama masi bersekolah di bangku kelas 5 sd. Mereka selalu belajar berssaama setiap malam.

saya menunggu mereka naik dulan setelah 5 menit baru saya menyusul mereka. Tiba saat saya membuka pintu dan langsung berbaring di tempat tidur sambil memainkan hp dan membawa buku catatan. mereka telah sibuk membereskan buku-buku yang akan dibawa besok, setelah itu felix mengambil meja belajar kesayangan nya. Sama dengan hal nya yang dilakukan geby. Mereka hanya berselisih 2 tahun lebih. Mulai lah saya mengamati tingkah laku nya satu persatu. Tiba – tiba felix berkata “ ka, liat buku tugas ku ga???… mang kamu taro mana (sahut geby) kamu si tukang lupa… maka nya kalo abis di lihat langsung ditaro lagi ke tas…, mang nak” mulailah kerusuhan keci. Lalu felix pun membalas kata – kata geby “ dasar kacamata kuda.., kitting….” Cek cok mulut pun saling bersahutan. Akirnya berapa menit kemudain cek cok mulut pun mereda. Kemudian felix menulis di buku latin, saya menengok kearah nya “wahhhh tulisan nya seperti cakar ayam” kata – kata itu yang ada didalam hati saya pada saat itu. Sambil tersenyum kecil

f elix pun melihat kearah saya ia bertanya ” kenapa ka,… ohh ga papa ko…”Setelah itu ia pun berganti buku tugas seperti nya mati matika dehh. Lalu ia membuka pr nya…. Setelah berapa menit berjalan ia mulai kewalahan dan terlihat sekeli kebiasaan buruk nya itu yaitu rasa bosan.Akir nya ia bertanya kepada sang kakak, “ ka ini gimana si cara nya, susah amat….. “ lalu geby pun mengajarkan nya “ini begini cara nya, yang ini ditambah terus dikaliin… ini mah cara nya salah kalu gini maka nya belajar jangan maen hp mulu…” ke isingan felix pun mulai lagi tangan jahil nya kini tangan nya yang mulai beraksi. Ia menarik rambut kriting nya geby. Teriak lah si geby “mama felix jambak rambut ku lagi “ saya langsung memisahkan mereka geby pun berkata” uda diajarin mala marah-marah,… males gw ngjarin lo lagi….” Akir nya geby pun pergi meniggal kan kamar dan turun kebawah.
Disini saya menemukan kata “GUE”. Kata yang seharus nya tidak boleh di bicarakan. Tapi ya nama nya kanak kalu sudah benar-benar marahh ya sudahhh. Kalu meraka ber2 sudah marah-marah dan berentem wah bias sampai pukul-pukul lan , jambak-jambakan, dan saling mengatai satu sma lain. Lama kelamaan pun mereka diam diam man. Tiba lah rasa bosan yang amat sangat terlihat, dan berbagai macam alasan seperti ingin minum lah kebawah, ingin ke kamar mandi lah, cape lah, ngantuk lah dan sebagai nya…. Kalau yang saya amati selama 1 jam terhadap si subjek ini mempunyai rasa bosan yang amat tinggi. Dan untuk melampiaskan rasa bosan nya terkadang ia diam sejenak , sambil memegang kepala nya terkadang saya pun ingin tertawa jika melihat tingkah anak ini. Apalagi tadi semenjak kaka nya geby tadi sudah turun kebawah setelah bertengkar. Wah ia hanya sendiri seperti menyesali keadaan yang tadi .

untuk menghilangkan ini semua ia mengambil hp kesayangan nya entah itu sms, main game, atau menyetel mp3 sekeras keras nya. Suasana disaat itu memang sudah tidak mengenaka. Jam dinding pun sudah menunjukan jam 8 lewat 20 menit, felix pun langsung menyusun buku-buku nya untuk menyudahi belajar nya. Kotak pensil nya dan meja belajr nya pun langsung ia simpan di tempat semula. Lalu ia pun berpamitan “ ka aku turun dulu ya… kaka ga turunnn…” saya langsung menjawab “ oh ya duluan aja kakak ntr belakangan aja. Hati-hati ya turun nya jangan berantem lagi “. Waktu sudah menunjukan pukul 8 lewat 30 menit seperti nya waktu observasi saya harus sya sudahi sampai sini. Dikamar pun sudah sepi semua sudah turun kebawah… sekitar 5 menit untuk mmenmbah kan catatan saya tadi dan bersiap siap untuk turun kebawah…….

KESIMPULAN
Jadi kesimpulan dari observasi ini adalah :
1. rasa bosan yang amat tinggi
2. kejahilan yang ia lakukan
3. alasan yang sangat bermacam-macam
4. bertengkar dengan sang kaka
5. memainkan hp dan menyetel mp3 sekeras keras nya
ini semua sebagian kecil tingkah laku anak anak disaat mereka belajar ( mengerjakan pr ) terkadang juga harus sesuai dengan mood si anak juga kalu sedang baik pasti semua berjalan lancar. Tapi kalau tidak, waahhh uda de tingkah nya tidak karuan. Anak ini cendrung anak yang tidak suaka belajar. Ia lebih menyukai praktik dibandingkan teori. Sifat nya yang suka bertengkar itu karna sang kaka yang terkadang suka meledek nya tapi 2 saudara ini sangat saling menyayangi. Daan itu hanya sebagian kecil masalh yang sangat umum didalam kehidupan kanak kanak….

By dessy rabiah paraditha

One response to this post.

  1. Posted by Anggun on December 21, 2009 at 7:57 am

    ejaannya masih banyak yang salah,
    ber2 itu berdua jgn d singkat
    diam diam man = diam- diaman
    mengatai = meledek
    kalo prcakapn gpp, tp klo bukan prcakapan ejaanny d pas- in

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: