Sedikit cerita tentang Sigmund freud

Sigmund Freud dikenal sebagai Bapak Psikoanalisis dilahirkan di Moravia pada tanggal 6 Mei 1856 dan meninggal diLondon pada tanggal 23 September 1939. Hampir 80 tahun Freud tinggal di Wina dan baru meninggalkan kota ketika Nazi menaklukkan Austria. Sebagai pemuda Freud bercita-cita menjadi ilmuwan dan keinginan ini pada tahun 1873 diwujudkan dengan masuk fakultas kedokteran Universitas Wina, dan tamat pada tahun 1881. Sebenarnya Freud tidak bermaksud menjadi dokter, tetapi karena keadaan memaksa (kurangnya fasilitas bagi orang-orang Yahudi, serta makin besarnya tanggungan keluarga) rnaka dia lalu melakukan praktek.
Perhatian khusus Freud terhadap neurologi mendorongnya mengambil spesialisasi pada perawatan penderita gangguan syaraf. Untuk menambah kemampuannya Freud belajar selama satu tahun kepada seorang ahli penyakit jiwa Perancis yang terkenal yaitu: Jean Charcot. Dalam merawat pasiennya Charcot mempergunakan metode hipnosis. Freud mencoba pula metode hipnosis ini, tetapi tidak puas akan hasilnya. Karena itu ketika dia mendengar bahwa Joseph Breuer, seorang dokter di Wina, mempergunakan metode lain yaitu dengan metode mengajak pasien berbicara, dan berhasil, maka Freud lalu mencobanya dan ternyata berhasil. Hasilnya lebih memuaskan. Breuer dan Freud bersama-sama menulis tentang hysteria yang disembuhkan dengan percakapan itu (Studien Ueber Hysterie, 1895).
Akan tetapi kedua ahli itu segera bertentangan pendapat mengenai pentingnya faktor seksual dalam histeria. Freud berpendapat bahwa konflik-konflik seksual merupakan sebab histeria sedangkan Breuer dalam hal ini berpandangan lain. Sejak berpisah dengan Breuer itu Freud, menempuh jalannya sendiri dan mengemukakan gagasan-gagasannya yang akhirnya merupakan dasar daripada teori psikoanalisis dan memuncak dengan terbitnya karya utamanya yang pertama: “Traumdeutung (Takbir mimpi, The Interpretation of Dream, 1900).

Pendapat saya

Ini adalah seharah dari Sigmund freud, jalan hidup nya yang membuat ia seperti saat ini sampai saya mengenal ia dari berbagi macam macam tulisan teori sikologi dan sebagai nya saya pribadi sangat mengagumi beliau karna dari awal saya memasuki bangku kulia dengan jurusan psikologi tokoh pertama yang saya dengar adalah bapak Sigmund freud yang sangat lazim terdengar beliau adalah orang yang hebat teori dan pendapat nya banyak diakui oleh orang dan di terima oleh ahli ahli lain dan orang orang yang mengenal dunia psikologi ilmu nya takan pernah luntur hingga sepanjang zaman sejarah nya membuat saya untuk mengangkat nya dalam tulisan yang saya buat. Begitu banayk rahasia yang akan terungkap didalam nya

Refrensi. Makalah kelompok
Psikologi kepribadian. Drs. Sumadi surya brata

By. Dessy rabiah paradhita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: