Evaluasi Teori Psikologis & Teori Behavioral mengenai Gangguan Autistik

Teori Behavioral. Seperti halnya para teoris berorientasi psikoanalisis, beberapa teoris perilaku mengemukakan teori bahwa pengalaman belajar tertentu di masa kanak-kanak menyebabkan autisme. Dalam sebuah artikel yang berpengaruh, Ferster (1961) berpendapat bahwa tidak adanya perhatian dan orang tua, terutama ibu, mencegah terbentuknya berbagai asosiasi yang menjadikan manusia sebagai penguat sosial. Karena orang tua sendiri tidak pernah menjadi penguat sosial, mereka tidak dapat mengentng dalikan perilaku si anak, dan mengakibatkan terjadinya gangguan autistik. Sekali lagi, tidak terdapat dukungan bagi teori ini.

Evaluasi terhadap Teori Psikologis mengenai Gangguan Autistik. Baik Bettelheim maupun Ferster, serta yang lain, menyatakan bahwa orang tua memiliki peran penting dalam etiologi autisme. Oleh karena itu, banyak peneliti yang meneliti karakteristik para orang tua tersebut. Agar suatu teori psikogenik mengenai gangguan di masa kanakkanak benar-benar meyakmnkan, harus dapat ditunjukkan adanya sesuatu yang sangat luar biasa dan destruktif terkait perlakuan para orang tua terhadap anak-anak mereka. Hal itu tidak terjadi. Tidak ada bukti yang mendukung teori psikoanalisis atau behavioral.

Beberapa artikel kiinis terdahulu berpendapat bahwa para orang tua anak-anak autistik tidak memiliki kehangatan, membuatjarak, tidak sensitif, pasif, dan apatetik. Namun, penelitian sistematik gagal mengonfirmasi kesan-kesan klinis tersebut. Contohnya, Cox dan para koleganya (1975) membandingkan para orang tua anakanak autistik dengan para orang tua anak-anak yang mengalami afasia reseptif (suatu gangguan pemahaman bicara). Tidak terdapat perbedaan antara kedua kelompok tersebut dalam hal kehangatan, ekspresivitas emosional, responsivitas, atau sosiabilitas. Studi tersebut dan berbagai studi lain (a.l., Cantwell, Baker, & Rutter, 1978) tidak menghasilkan bukti bahwa terdapat hal yang luar biasa pada para orang tua anakanak autistik. Kenyataannya, para orang tua tersebut membesarkan anak-anak mereka yang lain yang normal dan sehat.

Daftar Pustaka
Davinson, Gerald . Psikologi Abnormal/Gerald C. Davinson, Jhon M. Neale, Ann M. Kring; Penerjemah, Noermalasari Fajar.- Jakarta: Pt RajaGrafindo Persada, 2006. XXVII, 1048 hal. ;26 cm. Biblografi : hal 949 Judul asli : Abnormal Psychology

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: