SEDIKIT RANGKUMAN TENTANG AUTISTIIK

Gangguan autistik, salah satu gangguan perkembangan pervasif, berawal sebelum usia 2,5 tahun. Simtom-simtom utamanya adalah ketidakmampuan untuk berhubungan dengan orang lain, berbagai masalah komunikasi, mencakup kegagalan untuk menpelajari bahasa atau ketidakwajaran bicara, seperti ekolalia dan pembalikan kata ganti; dan mempertahankan kesamaan, suatu keinginan obsesif untuk mempertahankan rutinitas sehari-hari dan lingkungan sekelilingnya selalu sama persis.

• Gangguan autistik pada awalnya diyakini sebagai akibat dan ketidakhangatan dan pengambilan jarak oleh orang tua dan penolakan mereka terhadap anak-anak mereka, namun berbagai penelitian mutakhir tidak memberikan bukti apa pun terhadap teori semacam itu. Meskipun basis biologis spesifik pada autisme masih belum ditemukan, diduga terdapat suatu penyebab biologis karena sejumlah alasan: onsetnya sangat ,dini; berbagai studi keluarga dan orang kembar memberikan bukti yang meyakinkan mengenai adanya suatu predisposisi genetik; ditemukan abnormalitas pada otak anak-anak autistik; suatu sindrom yang mirip dengan autisme dapat terjadi setelah terkena meningitis dan ensefalitis; dan banyak anak autistik memiliki intelegensi rendah yang berhubungan dengan disfungsi otak.

• Penanganan yang paling menjanjikan untuk autisme adalah penanganan yang berciri psikologis, melibatkan prosedur modeling dan pengondisian operant. Meskipun prognosis anakanak autistik secara umum tetap buruk, penelitian mutakhir menunjukkan bahwa penanganan behavioral intensif yang melibatkan orang tua sebagai terapis anak-anak mereka dapat memungkinkan beberapa anak tersebut berpar-tisipasi dengan penuh makna dalam hubungan sosial yang normal. Berbagai penanganan dengan obat-obatan telah diberikan, namun terbukti kurang efektif dibanding intervensi behavioral.

Daftar Pustaka : Davinson, Gerald . Psikologi Abnormal/Gerald C. Davinson, Jhon M. Neale, Ann M. Kring; Penerjemah, Noermalasari Fajar.- Jakarta: Pt RajaGrafindo Persada, 2006. XXVII, 1048 hal. ;26 cm. Biblografi : hal 949 Judul asli : Abnormal Psychology

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: