Bekatul sangat cocok buat diabetes

Bekatul mengandung senyawa alkylresorcinol yang dapat mencegah perubahan sel menjadi kanker. Saying nya, senyawa ini tidak lagi berfungsi ketika sel sudah menjadi kanker.

Bekatul juga diketahui sebagai sumber asam ferulat, yaitu komponen bioaktif yang dapat menurunkan tekanan darah dan lemak darah. Selain itu, bekatul mengandung tokotrienol dan gamma aryzanol sebagai senyawa antioksidan.

Substitusi tepung terigu dengan tepung terigu dengan tepung bekatul hingga 15%, dilaporkan memberikan hasil yang optimal terhadap penerimaan kukis dan roti manis. Subtitusi ini dapat meningkatkan kandungan serat pangan dan vitamin B kompleks.

Karma mengandung serat yang sangat tinggi, bekatul juga sangat baik dikomsumsi penderita diabetes militus. Diharapkan, bekatul dapat menjadi bagian dari pola makan sehari hari.

Menurut damayanti dkk(2007), untuk menjaga stamina, disarankan komsumsi bekatul minimal 30 gram sehari. Tapi tak perlu dikhawatirkan karma tidak berlangsung lama

Komsumsi bekatul ber;ebihan karma menyebabkan sulit buang air besar. Bagi penderita maag juga akan menimbulkann rasa mual. Untuk mencegah hal tersebut, disarankan mengkomsumsi bekatul lebih encer atau mencampur nya dengan agar agar.

Agar tidak mudah rusak, bekatul dapat diawetkan dengan cara dipanaskan, yaitu dikukus atau dipanggang menggunakan oven.

Sumber refrensi : majalah gaya hidup sehat edisi no. 528 28 agustus – 3 september 2009

By dessy rabiah p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: