gagap ( gangguan komunikasi )

gagap yaitu gangguan kekafasihan verbal yang ditandai dengansatuatau lebih pola bicara berikut ini : seringny pengulangan atau pemanjangan pengucapan konsonan atau vokal, jeda yang lama antara pengucapan satu kata dengan kata berikutnya, mengganti kata kata yang sulit di ucapkan dengan kata yang udah diucapakan ( a. l., kata kata yang diawali dengan konsonan tertantu ), dan mengtulang kata ( a.l., mengatakan “ke-ke-ke-ke” sebagai ganti sekali mengatakan “ke” ). kadang ketidakfasihan verbal tersebut disertai tic ( kerang ) pada tubuh dan mata berkedip kedip.

kegagapan dapat fungsi akademik, sosial, dan pekerjaan aktualisasi potensi orang orang yang pada dasar nya memiliki kemampun. kegagapan sering kali menjadi lebih buruk bila orang yang bersangkutan merasa gugup dan sering kali membaik atau bahkan ilang bila orang tersebut bernyanyi. kegagapan seorang teman kami hampir sepenuh nya hilang bila ia bermain dalam drama panggung, meskipun berada diatas panggung cukup memancing kecemasan baginya. ia mengatakan kepada kami bahwa jauh lebih mudah bagi nya untuk mengucapkan kata kata yang terulis dalam naskah daripada berbicara dengan kata kata nya sendiri, konsisten dengan membaik nya kondisi yang sering kali dialami orang orang gagap ketika mereka membaca dengan keras. jumlah laki laki yang mengalami masalah ini sekitar 3 kali labih banyak dari perempuan , yang biasa nya muncul disekitar usia 5 tahun dan hampir selalu sebelum usia 10 thn. DSM memperkirakan bahwa hingga 80 % individu yang mengalami kegagapan dapat sembuh sebagian besar tanpa intervensi profesional, sebelum penderita mencapai usia 16 thn .

Daftar Pustaka : Davinson, Gerald . Psikologi Abnormal/Gerald C. Davinson, Jhon M. Neale, Ann M. Kring; Penerjemah, Noermalasari Fajar.- Jakarta: Pt RajaGrafindo Persada, 2006. XXVII, 1048 hal. ;26 cm. Biblografi : hal 949 Judul asli : Abnormal Psychology

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: