SERBA SERBI ARISAN KELUARGA HASIBUAN, YUK MARI KITA LIHAT..

Berdasarkan tugas psikologi kelompok, yang membahas tentang suatu kumpulan/group/organisasi yang lebih dari 2 orang. saya membahas tema mengenai arisan keluarga. yaitu arisan dari keluarga saya sendiri. arisan ini bernama arisan KELUARGA HASIBUAN yang beranggotakan 8 kepala rumah tangga dan terdiri dari suami, istri, anak, cucu dan menantu. arisan ini menetapkan iuran bulanan nya sebesar Rp 200.000 dan uang kas Rp 20.000. data data ini saya dapat dari orang tua saya sendiri dan terkadang saya pun ikut datang untuk meramaikan acara ini.

Terbentuknya arisan ini pada tanggal 18 april 2010. arisan ini sebenarnya masi terbilang baru, karna baru berjalan 4 x dengan bulan sekarang. sistem arisan ini berjalan tiap 2 bulan sekali di minggu ke 3 . dan dibulan ini jatuh pada tanggal 17 oktober 2010 bertepat dijakarta barat grogol.

Adapun sejarah dari arisan keluarga ini. arisan ini terbentuk dari kejadian duka. kenapa dikatakan duka ,karna awal nya opung saya (nenek) dari papa meninggal dunia. kalau diadat batak mempunyai tradisi tersendiri jadi jika orang tua kita / mertua dari sebuah rumah tangga ada yang berduka maka saudara terdekat yang masi 1 marga dan mempunyai hub darah akan datang membawa makanan serta buah untuk dimakan bersama dan tuan rumah hanya menyediakan tempat saja. itu hanya sebagian tradisi dari daerah sumatra utara dan masi banyak hal hal menarik lainya. tetapi tergantung dari agama nya masing masing. dan ketika saat itulah timbul niat untuk melakukan sebuah kumpulan yang bersifat arisan untuk dibuat seperti sekarang yang sudah terjalankan.

Tujuan utama dibentuknya arisan ini, adalah untuk mempererat hubungan silatuhrami yang awal nya sempat terputus dulu pernah juga diadakan tapi kemudian dibubarkan karna sudah banyak anggota keluarga yang pindah dari jakarta. dengan adanya arisan ini bagi anak muda khusus nya memudahkan untuk tau sapa saja sih saudara saya, dimana rumah nya, yang mana orang nya. arisan ini tentu saja bersifat kekeluargaan dan sangat hangat dengan keterbukaan dari setiap anggota. banyak pula aktivitas yang bisa dilakukan didalam nya misal makan bersama, tertawa bersama,saling bertukar inromasi serta bernyanyi pun kadang dilakukan. arisan ini juga banyak sekali mamfaatnya seperti jika ada saudara yang meninggal atau pesta dan dirawat di rs akan cepat tersebar kesemua saudara yang belum mendapat kabar. saya pribadi sangat senang dengan adanya arisan keluarga ini karna dapat mengisi kegiatan yang positif setiap dibulan tertentu nya. mungkin lebih merasa mempunyai aktivitas khusus bagi para orang tua agar tidak jenuh karna selalu dirumah saja. jadi kapan lagi kita bisa kumpul..

Demikian tentang latar belakang dan sisi sisi positif dari, arisan keluarga marbun ini. semoga bagi setiap orang yang membacanya bisa bergerak untuk membuat arisan keluarga jika belum mengadakan nya. bagi yang sudah berharap kumpulan arisan nya bisa berjalan dengan lancar dan bisa turun temurun ke anak cucu kita digenerasi yang akan datang nanti.

One response to this post.

  1. Posted by edi sil on February 27, 2012 at 7:55 am

    Boleh dong lae aturan/peraturannya. saya juga pengen bentuk arisan keluarga.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: