APLIKASI MIAD YANG BISA DIGUNAKAN DALAM BIDANG PSIKOLOGI

Sejenak kita kembali pada hitung-hitungan dasar, pasti semua orang pun sudah mengenal nya bahhkan ada pula yang tidak menyukainya. rata rata orang membenci pelajaran itu. termasuk saya sendiri. tapi ketika saya masuk jurusan psikologi barulah menyadari betapa penting  nya matematika atau statistik karna disaat saya sudah menyusun pi dan skripsi aplikasi ini sangat membantu sekali khusus nya bagi teman teman saya. yang ingin menggunakan metode kuantitatif. karna metode ini mengukur semua yang terjadi dengan angka. mulai awal dan hasil akhir yang di teliti semua dipresentasikan dengan angka rata rata nya. angka memang meyakinkan sebuah keakuratan data dan tidak bisa dibohongi atau dikarang.  beda dengan kualitatif yang hanya menggunakan teori saja. bukan bermaksud untuk membandingkan. tapi memang  fakta nya seperti itu. maka dari itu ilmu psikologi pun mendapatkan materi statistika yang dipakai nantinya dalam menghitung hasil survey penelitian. jadi aplikasi statistika dapat dipakai kedalam bidang apa saja, termasuk psikologi. keduanya saling membutuhkan dan saling membantu untuk mencapai suatu kebenaran yang valid.

Statistik yaitu metode penyajian dan penafsiran kejadian yang bersifat peluang dalam suatu penyelidikan terencana atau penelitian ilmiah. pekerjaan dalam statistik berupa penyajian dan penafsiran , data itu sendiri berarti ukuran suatu nilai yang bentuknya jamak dan tunggal. data  yang berdasarkan sumber ada 2 macam yaitu data primer dan skunder, sedangkan data yang berdasarkan jenis / karakter  adalah data numerik dan katagorik. ada juga skala, interval dan ratio.

Psikologi adalah ilmu tentang prilaku manusia yang memplajari jiwa manusia, dan masalah masalah kejiwaan serta ruang lingkup lingkungan nya. kata psyche adalah jiwa dan logos adalah ilmu. jadi psikologi adalah ilmu tentang jiwa ( abstrak ). banyak macam metode penellitian psikologi contoh nya studi kasus, observasi, experimen.

 

Contoh aplikasi miad yang bisa diterapkan dalam psikologi

1. Sempel acak, adalah sampel yang diambil dari populasi dari mana setiap anggota populasi berpeluang sama terpilih menjadi anggota sampel.

2. Distribusi frekuensi, adalah pengklompokan data dalam beberapa kelas sehingga ciri ciri penting data dapat segera terlihat. frekuensi ( banyak pemunculan data ).

3. Distribusi peluang,  adalah tabel atau rumus yang mencantumkan semua kemungkinan niai peubah acak.

4. Hipotesis statistik, adalah pernyataan atau dugaan dengan mengenai 1 atau lebih populasi penerimaan/penolakan.

5. Persamaan regresi, adalah persamaan yang terdiri dari variabel bebas dan variabel terikat

6. Interval adalah, jangkauan atau jarak antara kelas yang satu dengan kelas yang lainya

7. Diagram batang dan Diagram lingkaran adalah, bentuk atau hasil dari penjumlahan data yang dihitung, jika ingin dibedakan dengan hasil yg lain atau membuat perbandingan dengan jumlah yang lebih besar dan kecil.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

MyBlog: a62474wordpress.com

Kustituanto, B & Badrudin, R. 1994. “ Statistika 1 (Deskriptif) “. Jakarta: Penerbit Gunadarma.

PENULIS:

DESSY RABIYAH PARADHITA

10508053

MATA KULIAH MIAD

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: