SEKILAS TENTANG KEMAJUAN TEKNOLOGI BERDASARKAN MACAM JENIS ALAT KOMUNIKASI (HP)

 

SEJARAH

Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telpon oleh alexander graham bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabelyang meliputi seluruh daratan  amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmini suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik  melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpad pada tahun 1957.

Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era perang dingin antara blok barat (Amerika Serikat) danblok timur (dulu Uni Soviet) justru m. PersainganIPTEKemacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa  maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikropprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital.

Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telpon seluler. Di atas infrastukturtelekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimediamendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke 21, sebagaimana abad ke 18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi – komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia.

PENGERTIAN KOMUNIKASI

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaituteknologi informasi dan teknologi komunikasi. teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahanabad ke 20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya.

Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya. Komunikasi juga sering diartikan sebagai , proses pengiriman dan penerimaan informasi atau pesan antara dua orang atau lebih dengan cara yang efektif, sehingga pesan yang dimaksud dapat dimengerti. Dalam penyampaian atau penerimaan informasi ada dua pihak yang terlibat yaitu :
1.Komunikator            : Orang atau kelompok orang yang menyampaikan informasi atau pesan
2.Komunikan              : Orang atau kelompok orang yang menerima pesan.

HP ( HANDPHONE )

Alat komunikasi Handphone ( HP ) pada saat ini sudah bukan merupakan barang mewah, dan hampir sebagaian besar masyarakat indonesia memilikinya.
Keberadaan alat tersebut dapat dirasakan manfaatnya untuk menjalin komunikasi antar individu. Di lingkungan masyarakat pun benda tersebut merupakan bukan barang eksklusif,sesuatu yang biasa. Kemajuan teknologi komunikasi telah banyak memberikan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Handphone ( HP ) mampu memperpendek jarak yang jauh, sehingga dapat saling berkomunikasi pada saat bersamaan. Ia banyak membantu komunikasi antar invividu dan bahkan antar kelompok dengan berbagai fasilitas layanan yang disediakan jasa telekomunikasi.

DAMPAK POSITIF & NEGATIF

Dampak positif yang didapat dari alat komunikasi ini tentu saja dapat mempercepat penyampaian informasi atau berita terbaru, membuat jarak dengan orang yang kita sayang semakin dekat walaupun dia jauh, intinya hp ini sangat membantu semua orang karna didaerah terpencil pun sudah masuk yang namanya hp, ya walaupun tak secanggih jenis hp yang dijakarta tetapi yang bisa berkomunikasi. Apalagi dierah global sekarang yang semua serba canggih dan semua sudah memakai alat berjenis teknologi jadi saya rasa harus semua penduduk menggunakan nya agar tidak kalah saing dengan negara maju lainya. fiture fiture didalam hp yang sudha berkapasitas canggih sanagt membantu bagi orang orang yang bekerja didunia pembisnis. Lewat hp kita bisa mempresentasikan hasil kerja kita, walaupun ada alat lain sebagai prantaran nya. dan lewat hp semua menjadi mudah dan cepat sangat efisien sekali.

Dampak negatif yang didapat dari hp adalah layanan layanan yang mudah diakses ke dalam internet untuk melakukan hal hal yang tidak layak, mungkin bagin kalangan anak anak hp seharusnya tidak diberikan karna dapat merusak mental dan kognitif anak. hp juga dapat  enyebabkan konsentrasi kita buyar contoh nya disaat dosen menerangkan tiba tiba ada sms masuk yang memang penting dan harus untuk dibaca dan dibls. disaat itu tentu kita sudah tidak memperhatikan lagi apa yang dosen katakan. Bagi kesehatan juga penggunaan hp yang berlebihan dapat merusak jaringan otak dan penglihatan kita. Sebenarnya dampak positif nya tidak terlalu besar jika saja orang yang memakai tahu akan kebutuhan nya dan tahu tempat dan waktu dimana harus menggunakan nya.

Menurut saya sendiri hp itu sangat penting bisa dikatakan separuh dari jiwa saya ada disitu karna kalau tidak mbawa hp serasa ada yang kurang  dan pikiran pun pasti gelisah. hp banyak membantu diri saya disaat kita susah, disaat kita senang, marah, gelisah, ergesah2, menunggu kabar, mencari informasi, menangis,bahkan disaat kita jatuh cinta pun dia selalu ada disamping saya. hp adalah alat komunikasi yang selalu ada disamping saya dan disaat saya beraktivitas kemanapun. hp bisa membuat jarak yang tadinya jauh terasa amat dekat, membantu mempercepat penyampaian informasi, dan dapat mengetahui kabar orang2 yang kita sayang walaupun jauh sekalipun. Maka dari itu mengapa saya memilih alat teknologi berupa hp, karna dia adalah alat komunikasi yang multi fungsi.

SUMBER :     WIKIPEDIA.COM

http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/peng_psikologi_lingkungan/bab6-privasi.pdf

http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/blog/2035974-pengertian-komunikasi/#ixzz1KELSBESm

http://www.nahninu.com/Articles/Lifestyle/216/Manfaat-Ponsel-Hand-Phone-.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: