MEMBANDINGKAN PENGGUNAAN FASILITAS EMAIL, SN,IM DARI SISI PSIKOLOGIS DAN ALASAN MEMBUAT MEREKA LEBIIH POPULER

  •  EMAIL  =  GMAIL VS YAHOO

              Didalam fasilitas memang yahoo lebih unggul dari pada gmail menurut saya.  tetapi mereka mempunyai fungsi yang sama menerima dan mengirim data, dalam segi pandang psikologi kenyamanan sangat penting dalam melakukan suatu kegiatan di yahoo begitu banyak fasilitas yang tersedia fitur awal ketika kita search yahoo.com itu akan keluar sajian sajian berita utama danberita terpopuler salah satunya gosip selebritis.

            Maka itu para pengguna yahoo di manjakan dengan fasilitas tersebut mereka bisa memilih berita mana yang mereka suka. karna ketika orang membuka aplikasi ini tidak semua prasaan senang atau bahagia ada didalam diri mereka masing2 ketika mereka jenuh untuk membuka data yang masuk mereka bisa merenggangkan sejenak pikiran mereka untuk membuka berita disajian awal sebelum sig in.

            Sedangkan untuk gmail saya tidak menemukan sesuatu yang unik untuk dibuka kecuali hanya membuka data saja. tetapi di era globalisai bagian komunikasi sedang trend dengan munculnya aplikasi yang disebut dengan ANDROID dimana pengguna HP yang sudah berbasis android mau tidak mau mereka harus mempunyai akun gmail. karna aplikasi tersebut akan terhubung apa bila kita mempunyaI account gmail. account itu juga yang membuat kita bisa berkomunikasi dan membuka aplikasi apa saja melalui acount gmail tersebut. jadi saya rasa gmail untuk saat ini lebih populer karna dia berkeja sama dengan android.

  •  SN =  FB VS TWITTER

Kita tahu bahwa kedua jejaring sosial ini memiliki fungsi dan kegunaan yang sama dimana semua orang yang memiliki account ini bisa menikmati dengan fasilitas yang disediakan. contohnya saja didalam FB kita bisa lebih banyak mengekspresikan apa yang kita lakukan dan perbuat fb lebih banyak menampung kemauan penggunanya dibandingkan twitter. misal difb terdapat penyimpanan album foto tanpa batas, tetapi di twitter hanya bisa satu atau 2 itu pun akan menjadi background latar dri twitter.

Dari segi psikologis fb sangat cocok dengan orang yang suka berbagi dan menyukai keramaian atas fitur-fitur yang disediakan terutama di game. fb menyediakan berbagai macam jenis permainan jadi sangat cocok bagi pencinta game. sedangkan di twitter kita hanya bisa membaca meng RT dan me REPPLAY itu pun kita harus memotong percakapan bila ingin me RT. dari aspek psikologis twitter termasuk jejaring yang sepi atau bisa dibilang tidak banyak fasilitas yang disediakan pengguna twitter lebih banyak kalangan artis dibandingkan fb.

Karna twitter sifatnya terlalu private tidak banyak yang diumbar ke publik dan mungkin lebih menjaga privasi. mungkin cocok untuk orang yang tidak terlalu menyukai keramaian atas fitur-fitur yang disediakan. maka itu alasan saya untuk menyebutkan bahwa fb lebih populer dari pada twitter. bahkan fb mampu menggeser friendster. di dalam fb lebih banyak aktivitas yang dilakukan dibandingkan twitter.

 

  •  IM =  YM VS G-TALK

Dalam apalikasi semacam google dan ym terdapat suatu aplikasi untuk melakakukan percakapan atau yang biasa disebut dengan chatting. model dan kegunaan yang sama ini harus saling dijaga untuk tidak melakukan hal hal ynag diinginkan. melakaukan aktivitas ini tidak seribet atau sesusah kita harus membela timnas. jadi dalam chatting ini adalah orang orang yang memiliki account yahoo atau google ini adalah layanan jejaring gratis yang disediakan.

Yahoo bisa dikatakan lebih unggul karna begitu banyaknya pengguna yahoo samapai saat ini serta fitur fitur yang diberikan didalamnya. dibandingkan G-talk hanya bebrapa fitur saja yang didapat oleh si pengguna. maka tidak lain kalau saya mengatakan bahwa yahoo lebih populer daripada G-talk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: