Analisis Jurnal Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit THT Berbasis Web dengan “e2gLite Expert System Shell”

Sistem pakar (expert system) adalah sistem yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti layaknya para pakar (expert). Sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari para pakar/ahli. Dengan pengembangan sistem pakar,diharapkan bahwa orang awampun dapat menyelesaikan masalah yang cukup rumit yang sebenarnya hanya dapat diselesaikan dengan bantuan para ahli. Bagi para ahli, sistem pakar ini juga akan membantu aktifitasnya sebagai asisten yang sangat berpengalaman. Pengalihan keahlian dari para ahli ke komputer untuk kemudian dialihkan lagi ke orang lain yang bukan ahli, merupakan tujuan utama dari sistem pakar. Proses ini membutuhkan 4 aktifitas, yaitu: tambahan pengetahuan, representasi pengetahuan, inferensi pengetahuan dan pengalihan pengetahuan ke pengguna. Pengetahuan yang disimpan ke komputer disebut sebagai basis pengetahuan.

Pengembangan sebuah sistem pakar dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara pertama adalah dengan membangun sendiri semua komponen di atas, sedangkan cara kedua adalah dengan memakai semua komponen yang sudah ada, kecuali isi basis pengetahuan. Penggunaan cara kedua disebut sebagai membangun sistem pakar dengan shell. E2gLite adalah sebuah shell sistem pakar yang dikembangkan oleh Expertise2Go yang berbasis internet dan dilengkapi applet Java.

E2gLite memberikan kemudahan dalam hal pembangunan sistem pakar serta pelaksanaan konsultasi oleh pengguna. Basis pengetahuan berupa file teks yang berisi fakta dan aturan yang dapat dibuat dengan editor teks dan disimpan sebagai file *.kb, sedangkan pengguna cukup menggunakan browser umum yang memiliki fitur Java seperti Netscape Navigator dan Internet Explorer. E2gLite dapat didownload dari\http://www.Expertise2go.com secara gratis.

JENIS PENYAKIT THT dan GEJALA GEJALANYA.

Daftar jenis penyakit THT (Telinga Hidung dan Tenggorokan) beserta gejala-gejalanya, yang digunakan untuk membangun sistem pakar yang dijelaskan pada paper ini disajikan pada Tabel 1. Pada tabel ini, terdapat 23 jenis penyakit THT yang diberikan notai A, B, C….W dengan 38 gejala. Jenis penyakit A, B, C.…W berturut-turut adalah contract ulcers, abses parafaringeal, abses peritonsiler, barotitis media, deviasi septum, faringitis, kanker laring, kanker leher dan kepala, kanker leher metastatik, kanker nasofaring, kanker tonsil, laryngitis, neuronitis vestibularis, osteosklerosis, otitis media akut, meniere, tonsillitis, tumor syaraf pendengaran, vertigo postular, sinusitis maksilaris, sinusitis frontalis, sinusitis etmoidalis, dan sinusitis sfenoidalis. Sebagai contoh, penyakit faringitis (F) mempunyai gejala: demam, nyeri saat bicara atau menelan, nyeri tenggorokan, nyeri leher dan pembengkakan kelenjar getah bening.

CONTOH SISTEM KERJA

Shell e2gLite memerlukan 2 buah file, yaitu file halaman web yang berisi applet e2gLite serta file basis pengetahuan. Kedua file tersebut ditulis dengan format yang telah ditentukan oleh pembuat e2gLite. Untuk file halaman web, formatnya mengikuti standard HTML, namun pendefinisian applet beserta parameternya diatur sesuai dengan format yang telah ditetapkan oleh pembuat e2gLite. Pada penelitian ini file halaman web disimpan dengan nama “tht.html” dan source code-nya adalah sebagai berikut

 

Tabel 1. Jenis Penyakit THT dan Gejala-gejalanya.

Penyakit A B C D E F G H I J K L M No N O P Q R S T U V W
Gejala
1 Demam v v v v v v v v v v
2 Sakit kepala v v v v v v v v
3 Nyeri saat bicara atau menelan v v v v v v v
4 Batuk v v v v v v
5 Hidung tersumbat v v v v v v
6 Nyeri telinga v v v v
7 Nyeri tenggorokan v v v v v
8 Hidung meler v v v v
9 Letih dan lesu v v v v
10 Mual dan muntah v v v v
11 Selaput lendir merah dan bengkak v v v v
12 Ada benjolan di leher v v v
13 Nyeri leher v v v
14 Pembengkakan kelenjar getah
bening
v v v
15 Pendarahan hidung v v v
16 Suara serak v v v
17 Bola mata bergerak tanpa sadar v v
18 Dahi sakit v v
19 Leher bengkak v v
20 Tuli v v
21 Ada yang tumbuh dimulut v
22 Air liur menetes v
23 Berat badan turun v
24 Bunyi nafas abnormal v
25 Infeksi sinus v
26 Nyeri antara mata v
27 Nyeri pinggir hidung v
28 Nyeri pipi di bawah mata v
29 Nyeri wajah v
30 Perubahan kulit v
31 Perubahan suara v
32 Radang gendang telinga v
33 Sakit gigi v
34 Serangan vertigo v
35 Telinga berdengir v
36 Telinga terasa penuh v
37 Tenggorokan gatal v
38 Tubuh tak seimbang v

KESIMPULAN
Berdasarkan penelitian sistem pakar diatas maka dapat disimpulkan bahwa Sistem pakar yang didesain dengan e2gLite Expert System Shell untuk diagnosis penyakit THT, dapat bekerja sesuai yang diharapkan. Sistem dapat mengidentifikasikan 23 jenis penyakit THT berdasarkan variasi input 38 gejala yang diberikan. Sistem juga dilengkapi dengan fasilitas yang memungkinkan Pengguna memiliki kesempatan untuk mengetahui mengapa sebuah pertanyaan diajukan dan meminta penjelasan bagaimana sebuah kesimpulan diambil.

Pada intinya sistem seperti ini dapat memudahkan, para kerja dibidang kedokteran sistem seperti ini juga tidak hanya disatu bidang saja. Semua bidang dapat dipakai asal, komponen pada bagian komputer ada yang cocok. Selain itu memudahkan pasien juga untuk mengetahui sebelumnya apakah dia mendertita penyakit THT tersebut atau tidak serta gejala-gejala yang timbul akan tahu penyakit apa yang dideritanya.

 

 

 

SUMBER
http://www.google.co.id/search?sugexp=chrome,mod=9&sourceid=chrome&ie=UTF-8&q=Sistem+Pakar+untuk+Diagnosis+Penyakit+THT+Berbasis+Web+dengan%E2%80%9Ce2gLite+Expert+System+Shell%E2%80%9D
(pdf) Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit THT Berbasis Web dengan
“e2gLite Expert System Shell”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: