Gambaran Pekerjaan Di Bidang Psikologi Yang Menggunakan Komputer Sebagai Media/Alat Utama.

Perkembangan ilmu teknologi dan informasi sudah merambah, luas ke zaman sekarang semua sudah berbasih teknologi dan serba instan. Penggunaan teknologi juga sering dikaitkan dalam, kehidupan sehari hari dan dunia pekerjaan. Apalagi dalam dunia pekerjaan hampir semua perusahaan menggunakan teknologi khususnya dalam penggunaan komputer. Maka dari itu salah satu penggunaan pada bidang psikologi dapat di lakukan contohnya dalam ilmu psikologi forensik.

 

Psikologi forensik itu sendiri  adalah penelitian dan teori psikologi yang berkaitan dengan efek-efek dari faktor kognitif, afektif, dan perilaku terhadap proses hukum. Beberapa akibat dari kekhilafan manusia yang mempengaruhi berbagai aspek dalam bidang hukum adalah penilaian yang biasa, ketergantungan pada stereotip, ingatan yang keliru, dan keputusan yang salah atau tidak adil. Karena adanya keterkaitan antara psikologi dan hukum, para psikolog sering diminta bantuannya sebagai saksi ahli dan konsultan ruang sidang. Aspek penting dari psikologi forensik adalah kemampuannya untuk mengetes di pengadilan, reformulasi penemuan psikologi ke dalam bahasa legal dalam pengadilan, dan menyediakan informasi kepada personel legal sehingga dapat dimengerti. Maka dari itu, ahli psikologi forensik harus dapat menerjemahkan informasi psikologis ke dalam kerangka legal.

Contohnya saja penggunaan teknologi komputer dapat, membantu untuk menuntaskan masalah kriminal yang terjadi. Dengan media komputer kita bisa melihat hasil Visum, dan menyimpan data data pemeriksaan pasien. Selain itu teknologi komputer juga dapat menyimpan bukti Rekaman, Photo TKP, dan Vidio kejadian. Jika dilihat dari komputer maka hasilnya bisa kelihatan jelas, dan juga kita bisa memperlambat atau mempercepat suatu pemutaran vidio kejadian. Psikolog forensik juga dapat menganalisa hasil dari kejadian yang ada dengan jelas dan nyata dengan, dibantu aplikasi aplikasi tertentu juga yang dapat mendukung Valid atau tidaknya suatu data yang diolah.

Maka dari itu penggunaan teknologi komputer sangat membantu bagi seorang psikologi forensik. pengolahan data menjadi lebih jelas,cepat dan akurat. Mungkin tidak dalam bidang psikologi saja semua bidang pun bisa menggunakan teknologi komputer ini, hanya saja tergantung pada jenis kebutuhan masing masing bidangnya.

SUMBER

http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi_forensik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: