PENGERTIAN SOPAN SANTUN MENURUT ( PRIBADI )

Sopan santun ialah suatu tingkah laku yang amat populis dan nilai yang natural. Sopan santun sebagai sebuah konsep nilai tetapi bukan dipahami. Sopan santun sebuah ideologi yang memerlukan konseptualisasi. Itulah pengertian umum dari sopan santun. Menurut saya pribadi sopan santun itu adalah sikap seseorang terhadap apa yang ia lihat, ia rasakan, dan dalam situasi, kondisi apapun. Sikap santun yaitu baik, hormat, tersenyum, dan taat kepada suatu peraturan. Sikap sopan santun yang benar ialah lebih menonjolkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja. Dari tutur bicara pun orang bisa melihat kesopanan kita. Baik/buruk, misalnya lagi dalam situasi yang ramai dimana kita akan melewati jalan itu, jika kita sopan pasti kita akan mengucapkan kata permisi pak, bu…..dalam berteman pun seperti itu lebih menghargai pendapat teman walaupun pendapat itu berbeda, sebenarnya pengertian sopan santun ini sudah umum. Dan mungkin semua orang sudah mengerti apa itu sopan santun, karna sifat ini telah ditanamkan sejak kecil pada diri individu tersebut. Dan bagaimana kita mengembangkannya saja. Dalam kehidupan kita dan disekitar kita.

Terkadang sopan santun itu hilang pada diri kita, ketika kita sedang berhadapan dengan orang lain yang menyebalkan, contoh kecilnya saja, ketika kita berbelanja di suatu mall, kita bertanya pada si pelayan dengan baik-baik, tapi si pelayan ini malah menjawabnya dengan ketus, apalagi kalau kita menawar-nawat, dan hanya lihat-lihat tapi akhirnya tidak jadi membeli pasti si pelayan itu akan memasang muka ketus dan perkataan tidak enak, padahal pembeli itu kan raja.
Sopan santun dapat dipengaruhi oleh apapun dan hal apa saja. Misalnya sopan santun yang buruk disebabkan oleh lingkungan yang tidak ada tata tertibnya, individu yang tak pernah mengenal pentingnya kepribadian, kurangnya pengenal sopan santun yang diajarkan oleh orang tua sejak dini, pembawaan diri individu itu sendiri. Kemudian sopan santun yang baik dapat dipengaruhi oleh latar belakang individu itu sendiri. Pendidikan yang cukup, pembawaan diri yang baik terhadap situasi apapun, tutur kata yang dijaga, terkadang faktor gen juga dapat mempengaruhi individu tersebut. Bagaimana nantinya setiap orang memiliki sikap sopan santun tetapi hanya kadarnya saja yang berbeda dan bagaimana kita mengembangkan sikap itu ?!

sopan santun bisa dilakukan dimana saja dan kapan pun itu. Seperti didalam kelas dalam situasi dosen sedang menjelaskan materi lalu kita harus memperhatikan seseorang yang ada didepan kita. Dengan menunjukan sikap yang memperhatikan, mendengarkan dengan baik, dan bila bertanya pun harus dengan yang baik, kekurangan individu seseorang secara fisik, akan tertutup rapi dan tidak terlihat jika di bungkus dengan sikap dan inerbeuty yang ada. Mungkin sifatnya yang begitu berhati emas yang mampu menutupi kekurangannya. Lalu dalam perjamuan makan di meja makan semua nasi harus bersih dari apapun. Tidak boleh bunyi, dan harus menggunakan sendok dan garpu, setelah selesai makan sendok dan garpu diletakan secara silang dengan posisi sendok diatas dan garpu dibawah. Masih banyak lagi dengan pengertian sopan santun yang lebih spesifik dan mudah dimengerti, ini hanya bagian penglihatan saja secara kasat mata. Dan menurut pendapat saya belajarlah sopan santun sejak dini karna itu bisa membawa mu ketempat yang benar dan baik…….

About these ads

8 responses to this post.

  1. Posted by a11no4 on November 22, 2009 at 11:58 pm

    Bagus des..
    Good2″

    btw jgn lupa artikel lain, nnti si AW suruh cepet aj ..

    Reply

  2. Posted by a62747 on November 23, 2009 at 8:18 am

    sip sipp uda jadi ni artikel nya mau gw posting

    ngomong2 ini sapa ya kga ada nama nya lgi

    Reply

  3. nii anggun,,
    dah banyak tuhhh artikelnya”

    Reply

  4. Posted by dana on March 24, 2010 at 10:29 am

    alhamdullilah.. ada site ini!! kebetulan sy mhasiswa smster akhr jrisan bimb dan konseling,, n skrang lg getol2 ngerjain skripsi,, yg mengankat tentang sopan santun siswa di sekolah tetapi sya smpai sekarng tidak perbah menemukin buku refrensinya.. mungkin mb. tau buku yg cocok dngna masalh yg sya angkat?? terima ksih sblmnya

    Reply

    • Posted by dessy rabiah paradhita on February 24, 2011 at 5:24 pm

      maaf mas dana komen nya baru saya balas sekarang.
      terus bagaimna dengan skripsi nya??
      sudah selesai??

      Reply

  5. Posted by irfan on February 1, 2011 at 3:31 pm

    sama ni masalahq ma dana ? infonya…

    Reply

    • Posted by dessy rabiah paradhita on February 24, 2011 at 5:23 pm

      masalah yang seperti apa ya mas irfan?? kalo boleh saya tau.. :) barangkali saya bisa membantu

      Reply

  6. Posted by putji on April 14, 2011 at 2:00 am

    sopan santun sekarang sudah tak diterapkan lagi di khalayak remaja,,,, udah pada luntur moral-moral anak remajanya……

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: